About Me

Kamis, 17 Juli 2014

BELAJAR JAVASCRIPT BAB II


Sebelumnya pada bab I kita telah mengenal dasar-dasar javascript. Sekarang kita akan membahas dasar-dasar pemrograman pada javascript.

A. OPERASI DASAR ARITMATIKA
Pada javascript kita juga bisa menggunakan operasi aritmatika di dalamnya. Untuk lebih memahami, cobalah untuk membuat script berikut.
Disini saya menggunakan editor Geany di Ubuntu 14.04, namun jangan khawatir script ini bisa digunakan untuk semua editor php seperti phpdesigner, sublime, netbeans, maupun dreamweaver.
Pertama buatlah "new file" dan beri nama dasarpemrograman.php . Untuk nama terserah anda, tidak harus dasarpemrograman.php, nama ini akan digunakan untuk memanggil file di localhost anda.
Kemudian, ketikkan program seperti di bawah ini.
 Simpan project tersebut, dan jalankan di browser dengan memanggil file tersebut. Disini saya menyimpan file dasarpemrogra
man.php di dalam folder js, jadi panggil dengan cara mengetikkan "localhost/js/pemrogramandasar.php" tanpa ta

Senin, 14 Juli 2014

Kenali XSS (Cross Site Scripting) Yuuk


DASAR XSS
XSS? Apa itu XSS? Adakah yang sudah mengenal XSS sebelumnya? Kalau anda seorang programmer atau seorang hacker pasti sudah tak asing lagi bukan dengan istilah XSS ini? hehe.. Bagi anda yang sama sekali belum ngerti XSS tenang, disini anda akan mengenal apa itu XSS, bagaimana serangan melalui XSS, dan bagaimana pula cara menangani serangan XSS.

XSS adalah kependekan dari Cross Site Scripting. Why XSS? Why not CSS? oke, that's good question. Alasannya adalah, karna CSS sudah digunakan untuk Cascade Style Sheet. XSS adalah salah satu serangan jenis code injection, yang dilakukan penyerang dengan cara memasukkan kode html atau client script code lainnya ke suatu situs, yang seolah-olah serangan ini datang dari situs tersebut. Akibat serangan ini antara lain penyerang dapat mem-bypass keamanan di sisi klien, mendapatkan informasi sensitif, atau menyimpan aplikasi berbahaya.

TYPE XSS
Reflected XSS
Reflected XSS merupakan tipe XSS yang

Kamis, 10 Juli 2014

BELAJAR JAVASCRIPT BAB I

PENGANTAR JAVASCRIPT
Javascript adalah bahasa script yang disisipkan pada HTML dan diproses pada sisi client. Eh tapi jangan salah, javascript bukanlah bagian dari bahasa pemrograman java, dan merupakan dua bahasa yang berbeda. Kode javascript bisa dilihat pada sisi client, sedangkan Java dikompilasi oleh pemrogram dan hasil dari kompilasi tersebut yang dijalankan oleh client.

STRUKTUR UTAMA JAVASCRIPT
Secara umum, penulisan code javascript adalah sebagai berikut
<SCRIPT LANGUAGE="JAVASCRIPT">
 <!--
Tempat penulisan kode javascript
//-->
</SCRIPT>

Selasa, 26 November 2013

Kisah Pencuri iPhone Yang 'Baik Hati'

ilustrasi

Hunan : Menjadi korban pencurian memang sebuah hal tidak menyenangkan bagi semua orang. Selain perangkat, data yang tersimpan di dalamnya dianggap memiliki nilai yang jauh lebih mahal.
Namun apa jadinya jika seorang pencuri iPhone justru tidak mengambil semua hasil curian yang didapatnya. Meski 'sukses' mengambil iPhone, namun ia masih memiliki naluri untuk berbuat kebaikan lain untuk korbannya.
Sang pencuri diketahui mengembalikan kartu SIM lengkap dengan 1.000 kontak yang tersimpan dalam ponsel tersebut yang telah disalinnya dalam daftar tulisan sebanyak 11 halaman. Ia pun mengirimkan daftar kontak tersebut langsung ke alamat pemilik iPhone.
Dikutip laman Independen, Rabu (27/11/2013), kisah pencurian yang terjadi di Provinsi Hunan, China ini di awali saat Zou Bin memutuskan untuk patungan naik taksi dengan seseorang. Malangnya sang teman yang diajak naik taksi bersamanya justru mencuri iPhone milik Bin.

Selasa, 19 November 2013

MY SWEETEST ENEMY :*

Haiiiii, halooo, apa kabar? baik yaa semogaa :D
oke, tanpa panjang lebar tanpa basa basi lagi, aku pengen nulis lagi niiih, curhat curhat dan curhat :D
Udah dua taun lebih kan aku sekolah di sekolahan ijo tercinta wkwkwkwk, yaa pasti ada banyak suka duka yang udah tak lewatin ndek sekolahan ini. Manis, asem, asin, kecut, pedes, sampek pait pun, pokoknya semua rasa udah pernah aku rasain ndek sekolah ini. Mulai dari kelas satu dulu deh yaa, dulu pas kelas satu aku kebetulan ada di kelas yang supeeeer sekaleee, X RPL 1 a.k.a PROXONE . kenapa bisa aku bilang begitu? ya anak2 nya itu looh, ada Boni, Eddo, Putra, Gana, Embik, aduuh pokoknya kalo mereka disatuin itu suaranya bisa kedengeran sampek ruang TU yang segitu jauhnya lo! Di kelas proxone ini aku punya sekumpulan teman nih, yang katanya anak-anak sih seperti "geng" eh gimana sih nulisnya? gank, atau genk, atau gang? tauk laah pokok itu maksud ku hahahaha. jadi di situ ada aku, alfi, pritta, dina, inggrid. dan kata anak-anak tuh kelompok bermain ku ini rame sekali, banyak omong, banyak bacot, banyak tingkah, dan yang paling penting, ada trio gembul disitu :D wkwkwk.

Rabu, 16 Oktober 2013

SMP, masa Alay tapi ngangenin!

Haaiii selamat pagi, selamat hari Kamis, selamat bulan Oktober, selamat selamat selamat dah pokoknya *plaak alaay* okeh kita mulai *apaan?* gatau kenapa niih tiba tiba aku kangen masa-masa SMP, iyaa SMP, alay-alaynya kita dulu itu looh *ngaku alay*. yaaaa buat ngobati rasa kangen, boleh lah yaaa crita-crita sedikit kenangan-kenangan ku dulu pas waktu SMP..

Udah banyak hal yg kita lakuin bareng-bareng selama SMP, susah, seneng, haru, bahagia, tawa, canda, nangis, marah, kangen, udah pernah semua kita rasain. GEJE, itu lah kesan pertama kalo nemuin kita lagi bareng-bareng. Gak pernah aja yg jelas :D
yaaah buat ngenalin kalian-kalian, langsung aku kasih aja foto-foto kita pas barng2 yaa..


 ini ceritanya kita lagi narsis-narsisan di depan layar, kaca sih lebih tepatnya :D from left pict : dresia, aku, ade, heni

 Yang diatas ini kita lagi diatas kasur *anak TK juga ngerti -.-* main apa

Minggu, 09 September 2012

JAVA : JOptionPane

Sebelumnya saya telah mengupdate program java konversi bilangan menggunakan Scanner, kali ini saya akan mengupdate program Java konversi bilangan menggunakan JOptionPane.








Berikut Adalah hasil yang akan keluar :

 Interface Inputan nama


 Inputan jenis Kelamin


Pemilihan Konversi


Contoh Konversi Desimal Ke Biner

 
Hasil konversi

Untuk membuat program seperti diatas, berikut ini script/coding yang dapat digunakan:

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package praktek1;
import javax.swing.JOptionPane;


/**
 *
 * @author Indri
 */
public class JOptionPaneBaru {
   
    private static String name;
    private static String des;
    private static int validDes;
     private static String gender;
    private static String kelamin;
    static StringBuilder hasilBiner= new StringBuilder();
    static StringBuilder hasilHexa= new StringBuilder();
    static StringBuilder hasilOctal= new StringBuilder();
    static String sc;
   
    public static void keBiner(int n){
    if(n>1){
        keBiner(n/2);
       
    }
    System.out.print(n%2);
    hasilBiner.append(n%2);
    }
   
    public static void inputDesJOption(){
        des=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Bilangan Desimal : ");
        try{
            if(des.isEmpty()){
                JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bilangan Desimalnya Harus diisi dulu ya !!");
                inputDesJOption();
            }
        }
        catch(NullPointerException npa){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Jangan dilewati,Isi dulu dong !!");
            inputDesJOption();
        }
    }
   
    public static void eksepsiInpBiner(){
        inputDesJOption();
        try {
            validDes=Integer.parseInt(des);
            System.out.print("\nDesimal dari "+des+",Binernya adalah = ");
            keBiner(validDes);
            System.out.println("\n");
             JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bilangan desimal : "+des+" Binernya Adalah: "+hasilBiner, "HASIL KONVERSI", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE);
        }catch(NumberFormatException nfe){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "'"+des+"'"
                    + " .... Bukan angka !!"
                    + "\nMasukkan angka saja !!");
            outHasilBiner();
        }
    }
   
    public static void outHasilBiner() {
       
    eksepsiInpBiner();
    }
     public static void keHexa(int n){
     char [] daftarHexa={'0','1','2','3','4','5','6','7','8','9','A','B','C',
            'D','E','F'};
        if (n>1){
            keHexa (n/16);
        }
    System.out.print(daftarHexa[n%16]);
    hasilHexa.append(daftarHexa[n%16]);
   
    }
   
    public static void eksepsiInpHexa(){
        inputDesJOption();
        try {
            validDes=Integer.parseInt(des);
            System.out.print("\nDesimal dari "+des+",Hexanya adalah = ");
            keHexa(validDes);
            System.out.println("\n");
             JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bilangan desimal : "+des+" Hexanya Adalah: "+hasilHexa, "HASIL KONVERSI", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE);
        }catch(NumberFormatException nfe){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "'"+des+"'"
                    + " .... Bukan angka !!"
                    + "\nMasukkan angka saja !!");
            outHasilHexa();
        }
    }
    public static void outHasilHexa() {
    eksepsiInpHexa();
   
    }
     public static void keOctal(int n){
    if(n>1){
        keOctal(n/8);
       
    }
    System.out.print(n%8);
    hasilOctal.append(n%8);
    }
      public static void eksepsiInpOctal(){
        inputDesJOption();
        try {
            validDes=Integer.parseInt(des);
            System.out.print("\nDesimal dari "+des+",Octalnya adalah = ");
            keOctal(validDes);
            System.out.println("\n");
             JOptionPane.showMessageDialog(null, "Bilangan desimal : "+des+" Octalnya Adalah : "+hasilOctal, "HASIL KONVERSI", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE);
        }catch(NumberFormatException nfe){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "'"+des+"'"
                    + " .... Bukan angka !!"
                    + "\nMasukkan angka saja !!");
            outHasilOctal();
        }
    }
    public static void outHasilOctal() {
    eksepsiInpOctal();
    }
    public static void inpNama(){
    name=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda : ");
    try {
        if(name.isEmpty()){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "NAMA TIDAK BOLEH KOSONG !!");
            inpNama();//kembali input nama
        }  
    }catch (NullPointerException npe){
        JOptionPane.showMessageDialog(null, "Harap diisi Nama Dulu donk !!");
        inpNama();//kembali input nama
    }
    }
    //untuk menampilkan input dialog jenis Kelamin (gender)
    public static void jenisKelamin(){
        gender=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Jenis Kelamin Anda (Laki-Laki/Perempuan) "
                +"Besar dan kecilnya huruf harus sesuai :");
        try{
            if(gender.isEmpty()){
                JOptionPane.showMessageDialog(null, "Apa Jenis Kelamin Anda ??");
                jenisKelamin();
            }
        }
        catch(NullPointerException npt){
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Jenis Kelamin harus diisi dulu ya jangan dilewati !!!");
            jenisKelamin();
        }
        if ("Laki-Laki".equals(gender)) {
            kelamin="Boy, ";
        }
        else{
            if("Perempuan".equals(gender)){
                kelamin="Girl, ";
            }
            else{
                JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hanya bisa diisi Laki-Laki dan Perempuan  saja !!");
                jenisKelamin();
            }
        }
       
    }
   
    String[] angka={"","Satu","Dua","Tiga","Empat","Lima","Enam","Tujuh","Delapan","Sembilan","Sepuluh","Sebelas"};

    private String sebut(int x){
        String bilang="";
        int y = x / 100;
        if(y > 0){
            bilang = angka[y]+" Ratus ";
            if(y == 1)bilang="Seratus ";
            x%=100;
        }
        if(x<12)bilang += angka[x];
        else{
            y=x/10;
            x%=10;
            if(y==1)
                bilang +=angka[x] + " Belas";
            else
                bilang += angka[y]+ " Puluh "+ angka[x];
        }
        return bilang;
    }

    private String terbilang(long  x){
        int y;
        String bilang="";
        String[] satuan={""," Ribu "," Juta "," Milyar "," Trilyun "," Quadrilyun "};
        if(x > Math.pow(10, 20)) return "Bilangan terlalu besar";
        for(int i=6;i>0;i--){
            y =  (int) (x/Math.pow(10, i*3));
            if(y > 0){
                if(y==1 && i==1) bilang += " Seribu "; else bilang += sebut(y) + satuan[i];
            } x %= Math.pow(10, i*3);
        }
        bilang+=sebut((int)x);
        return bilang;
    }
    public static void outTerbilang(){
    sc = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Bilangan yang kamu inginkan maksimal Quadriliyun : ");
    JOptionPane.showMessageDialog(null, new JOptionPaneBaru().terbilang(new Long(sc)), "TERBILANG", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
    }
   
       //Untuk Pecahan
    public static void bilPecahan(){
    int dec;
       
        String str=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan bilangan yang ingin dipecah : ");
        dec=Integer.parseInt(str);
        int satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, sebelas, duabelas, tigabelas;
        //
        satu=dec/100000;
        dec%=100000;
       
        dua=dec/50000;
        dec%=50000;
      
       tiga=dec/10000;
        dec%=10000;
       
        empat=dec/5000;
        dec%=5000;
       
      
       
        lima=dec/1000;
        dec%=1000;
       
        enam=dec/500;
        dec%=500;
       
      
        tujuh=dec/100;
        dec%=100;
       
        delapan=dec/50;
        dec%=50;
       
        sembilan=dec/1;
        dec%=1;
   
   
            JOptionPane.showMessageDialog(null,"Banyaknya seratus ribuan    = "+satu
                                        +"\nBanyaknya lima puluh ribuan     = "+dua
                                        +"\nBanyaknya sepuluh ribuan        = "+tiga
                                        +"\nBanyaknya lima ribuan           = "+empat
                                        +"\nBanyaknya seribuan              = "+lima
                                        +"\nBanyaknya lima ratusan          = "+enam
                                        +"\nBanyaknya seratusan             = "+tujuh
                                        +"\nBanyaknya lima puluhan          = "+delapan
                                        +"\nBanyaknya satuan                = "+sembilan
                                        , "PECAHAN", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
    }
    //inputkembali
     public static void menuKembali(){
        inpNama();
        jenisKelamin();
    }
    
    public static void menuJOption(){
    //....text untuk tombol.
        inpNama();
        jenisKelamin();
        String[] pilihan={"BINER","HEXA","OCTAL","TERBILANG", "PECAHAN", "KEMBALI","<<KELUAR>>"};
        //...."Infinite" loop ,selesai jika system.exit(0)
        while (true){
            int response = JOptionPane.showOptionDialog(null//Tengah Window.
                    ,"Welcome " +kelamin +name+"!!"+"\nPilih Konversi Bilangan dibawah ini ?"//pesan
                    ,"Konversi Bilangan"
                    ,JOptionPane.YES_NO_OPTION//Tipe Pilihan
                    ,JOptionPane.PLAIN_MESSAGE//Tipe Pesan
                    ,null //icon (none)
                    ,pilihan //tombol text.
                    ,null//label tombol default
                    );
            //...menggunakan switch untuk mengecek tombol yang di tekan.
            switch( response){
                case 0:
                    outHasilBiner();
                    break;
                case 1:
                    outHasilHexa();
                    ;
                     break;
                case 2:
                    outHasilOctal();
                    ;
                case 3:
                    outTerbilang();
                     break;
                case 4:
                    bilPecahan();
                    break;
                case 5:
                    menuKembali();
                    break;
                case 6:
                case -1:
                   
                    //..antara tombol (6) dan close box (-1) ditangani disini.
                    System.exit(0);//keluar looping,tapi
                default:
                    //Jika kita disini ada kesalahan,
                    JOptionPane.showMessageDialog(null,"Response tak terduga" +  response);break;
                   
            }
                   
        }
       
    }
    public static void main(String[]args){
    menuJOption();
       
   
    }
   
}