About Me

Kamis, 17 Juli 2014

BELAJAR JAVASCRIPT BAB II


Sebelumnya pada bab I kita telah mengenal dasar-dasar javascript. Sekarang kita akan membahas dasar-dasar pemrograman pada javascript.

A. OPERASI DASAR ARITMATIKA
Pada javascript kita juga bisa menggunakan operasi aritmatika di dalamnya. Untuk lebih memahami, cobalah untuk membuat script berikut.
Disini saya menggunakan editor Geany di Ubuntu 14.04, namun jangan khawatir script ini bisa digunakan untuk semua editor php seperti phpdesigner, sublime, netbeans, maupun dreamweaver.
Pertama buatlah "new file" dan beri nama dasarpemrograman.php . Untuk nama terserah anda, tidak harus dasarpemrograman.php, nama ini akan digunakan untuk memanggil file di localhost anda.
Kemudian, ketikkan program seperti di bawah ini.
 Simpan project tersebut, dan jalankan di browser dengan memanggil file tersebut. Disini saya menyimpan file dasarpemrogra
man.php di dalam folder js, jadi panggil dengan cara mengetikkan "localhost/js/pemrogramandasar.php" tanpa tanda petik yaaa :D Jika anda menaruh file dasarpemrograman.php langsung di dalam folder htdocs, maka pemanggilannya kurang lebih menjadi "localhost/dasarpemrograman.php" . Jika penulisan coding benar, maka browser akan menampilkan seperti di bawah ini.
 Button tersebut dihasilkan oleh syntax
<input type="button" name="button1" value="arithmetic"
onclick=test(9,4)>
Untuk selanjutnya, jika anda click buntton tersebut, maka tampilan yang dihasilkan adalah seperti berikut :

B. OPERASI RELATIONAL
Buatlah project php yang berisi code seperti di bawah ini
 Sedikit penjelasan dari code diatas :
function test() adalah function yang diberi nama test, mengapa tidak ada tulisan di dalam tanda kurung seperti sebelumya? Hal itu menunjukkan kalau fungsi test ini tidak memiliki parameter.
val1 adalah sebuah variabel yang bernama val1 yang akan menampilkan prompt untuk menginputkan nilai yang kita inginkan
document.write() digunakan untuk menampilkan di jendela browser apa yang ingin kita tuliskan
selanjutnya, buka file tersebut melalui jendela browser, maka kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini :
 Tidak jauh berbeda dari project sebelumnya, perbedaan akan terlihat ketika button di klik, setelah anda klik button tersebut maka yang tampil akan seperti di bawah ini. Di sini kita akan inputkan angka yang akan kita operasikan. Isilah angka sesuka anda.
 Setelah anda inputkan nilainya kemudian klik "OK" dan selanjutnya akan muncul prompt yang kedua untuk menginputkan nilai yang kedua. Sama seperti yang pertama isikan nilainya dengan angka, lalu klik "OK"
 Nah setelah anda klik OK, maka akan tampil oerasi relationalnya. Operasi relational adalah operasi yang bernilai true/false.
 Tidak susah bukan. Selamat mencoba, dan jangan pernah berhenti belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar