About Me

Selasa, 31 Juli 2012

Sekilas Java

Java merupakan development tools yang fleksibel dan powerful. Salah satu keunggulannya adalah Platform independence. Maksud dari platform independence adalah program yang kita tulis tidak bergantung pada sistem operasi saat program tersebut dibuat. Ini berarti sekali kita membangun suatu aplikasi pada satu jenis sistem operasi, kita dapat menjalankannya pada berbagai sistem operasi dan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan kita tidak perlu mengkomplikasi ulang program tersebut.
Untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java, kita memerlukan Java
Development Kit (JDK) yang saat ini telah mencapai versi 2 yang dikenal dengan Java 2 Platform. Java 2 Platform, dibagi menjadi 3 kategori, yaitu :
-> Java 2 Standart Edition (J2SE), kategori ini digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi Java berbasis PC.
-> Java 2 Enterprise Edition (J2EE), Kategori ini digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi Java pada lingkungan enterprise, dengan fungsi-fungsi seperti Enterprise Java Bean (EJB), CORBA, Servlet dan Java Server Page (JSP).
-> Java 2 Micro Edition (J2ME), kategori ini digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi Java berbasis handheld devices, seperti Personal Data Assistant (PDA), handphone, dan Pocket PC.

sumber : buku Panduan Praktis Pemrograman Database menggunakan MySQL dan JAVA hal. 2-3 Penyusun Setiyo Cahyono Penerbit Informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar